Universitas Brawijaya Malang Satu-Satunya Penyuplai Dokter Spesialis Emergency Medicine Indonesia

LOWOKWARU - Pentingnya dokter spesialis Emergency Medicine untuk melakukan tindakan darurat di UGD tiap rumah sakit membuat Indonesia darurat dokter spesialis Emergency Medicine.

Pasalnya, satu-satunya Fakultas Kedokteran dengan program doktor spesialis Emergency Medicine di Indonesia hanyalah Universitas Brawijaya (UB) Malang. Sejak 2000, FK UB telah meluluskan 50 dokter spesialis Emergency Medicine.

Dokter spesialis Emergency Medicine (EM) RS Saiful Anwar Malang, Dr Ali Haedar SpEM mengatakan kebutuhan dokter spesialis EM di Indonesia sangat banyak, terutama karena dokter jaga di UGD kebanyakan adalah dokter umum yang baru lulus atau kurang pengalaman.

“Dokter spesialis EM bertugas untuk melakukan tindakan emergency sebelum menjembatani pasien ke dokter spesialis yang dibutuhkan untuk menangani penyakit pasien. Adanya dokter spesialis EM bisa menurunkan mortalitas (kematian) dan morbiditas (penyakit),” jelas Ali pada SURYAMALANG.COM, Selasa (5/12/2017).

Dokter spesialis EM tidak bisa bekerja sendiri, melainkan bekerja sebagai partner dokter spesialis lain dalam tim. Sehingga pasien bisa tertangani dengan lebih baik.

“Saya pernah melakukan penelitian dengan target jumlah pasien yang diharapkan hidup adalah 100 orang. Namun dengan penanganan tim yang melibatkan dokter spesialis EM, pasien yang hidup sejumlah 109 orang dan melampaui target,” ujar dosen FK UB itu.

Kebutuhan dokter spesialis EM di Indonesia coba dipenuhi oleh FK UB dengan mengirimkan 41 lulusan ke luar Malang. Dari mulai Aceh hingga Kupang, agar pasien tertangani dengan baik dan sistem itu terlaksana merata di Indonesia.

“Pada 2018, UI dan UGM bersiap untuk membuka program doktor spesialis EM. Tentu ini hal baik. FK UB juga terus menerima mahasiswa, saat ini ada 30 orang yang sedang melakukan pendidikan. Harapannya Indonesia bisa menerapkan sistem tim dokter ini dengan maksimal,” tuturnya.

FK UB juga mengembangkan perawat EM dengan adanya S2 Pendidikan Keperawatan dengan perminatan Emergency Nursing. Saat ini sudah memasuki angkatan ke 7 dan menghasilkan ratusan lulusan.

-- http://suryamalang.tribunnews.com --