PTS di Surabaya Mulai Buka Pendaftaran Fakultas Kedokteran. Uang Gedungnya Fantastis!

SURABAYA - Perguruan Tinggi Swasta (PTS) mulai membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun ajaran 2018/2019.

Fakultas Kedokteran (FK) menjadi salah satu jurusan favorit di PTS meskipun biaya pendidikannya tidak murah. Setidaknya butuh Rp 250 juta hingga Rp 300 juta untuk biaya uang gedung jika diterima di FK milik PTS ini.

Tarif uang gedung Rp 200 juta menjadi yang terendah di jajaran FK PTS yang ditetapkan Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya.

UM Surabaya membuka 3 gelombang pendaftaran, dan gelombang pertama dibuka sejak 4 Desember 2017, hingga saat ini pendaftarnya sudah 15 orang.

Kepala Lembaga Informasi dan Penerimaan Mahasiswa Baru (LIPMB), Radius Setiawan menjelaskan untuk mendaftar ke FK, harus mengisi formulir online di www.um-surabaya.ac.id serta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 1.000.000.

Saat sudah diterima, pendaftar harus membayar uang gedung sebesar Rp 200 juta dan infaq sukarela.

Sedangkan biaya SPP setiap semesternya sebesar Rp 25 juta dan herregistrasi sebesar Rp 1 juta.

"Biaya pendidikan di kami memang masih sama seperti tahun lalu. Termasuk kuotanya yang sebesar 50 mahasiswa baru,"ungkapnya ketika dikonfirmasi SURYA.co.id, Kamis (4/1/2018).

Ia menambahkan karena kuota yang hanya 50 orang, biasanya tiap gelombang diseleksi dan diambil berdasarkan standar nilai yang ditentukan. Pengalaman tahun lalu, rata-rata setiap gelombang pendaftaran terdapat antara 15 anak yang memenuhi kriteria. Padahal pendaftarnya mencapai 100 orang.

"Untuk meningkatkan kualitas FK, kami juga telah menambah fasilitas laboratorium, sehingga untuk FK saja akan memakai 6 lantai UM Surabaya.

Sementara itu 3 universitas lain yang memiliki FK juga mematok Rp.300 juta untuknuang gedung.3 kampus tersebut yaitu Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) yang membuka FK sejak tahun 2011. Serta Universitas Surabaya (Ubaya) dan Universitas Ciputra yang memiliki FK bersamaan dengan UM Surabaya sejak tahun lalu.

Justinus Raharjo, Kepala bagian promosi dan admisi UKWMS menjelaskan periode pertama pendaftaran terakhir tanggal 19 Januari 2018, periode kedua akan dibuka 20 Januari sampai Juni 2018. Untuk mendaftar harus membayar biaya formulir Rp 300 ribu dan mengikuti tes untuk tahap pertama pada 21 Januari di kampus Dinoyo.

"Untuk uang gedung wajib kami masih sama seperti tahun lalu Rp 300 juta dan Sukarela minimal Rp 100 juta. Sementara uang kuliah per semester Rp 25 juta,"paparnya.

Untuk kuota, pihaknya memilih mengikuti ketentuan yang diberlakukan yakni 50 orang meskipun secara kapasitas sudah mampu menerima jauh lebih banyak dari itu. Apalagi dalam 2 gelombang pendaftaran biasanya UKWMS menyeleksi setidaknya 700an peminat dari berbagai daerah di nusantara.

Sedangkan di Ubaya, Uang pendaftaran sudah dibuka Sejak September 2017 hingga nanti 26 Januari 2018.

Hayuning Purnama Dewi, Marketing & Public Relations menjelaskan penetapan uang Gedung sebesar Rp 300 juta di tahun kedua pembukaan FK ini. Sementara itu uang kuliahnya sebesar Rp 32.500.000 per semester.

" Penambahan fasilitas ada seperti pembangunan Rumah Sakit pendidikan, pembangunan ruang kuliah hingga pembangunan laboratorium pendukung pembelajaran," lanjutnya.

Iapun berharap antusias pendaftar tahun ini meningkat, sehingga bisa memenuhi kuota pada pendaftaran pertama. Sebab, tahun lalu untuk pendaftaran pertama pihaknya baru mendapat 15 peserta yang memenuhi syarat.

-- http://surabaya.tribunnews.com/ --