Tiga Program Spesialis Fakultas Kedokteran Unhas Raih Akreditasi A

MAKASSAR - Kabar gembira menghapiri Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas), diawal tahun 2018 ini.

Tiga program studi spesialis memperoleh Akreditasi “A” (sangat baik) oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM PT-Kes).

Ketiga prodi tersebut adalah Program Studi Spesialis Ilmu Penyakit Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT), Program Studi Spesialis Ilmu Patologi Klinik, dan Program Studi Ilmu Kesehatan Anak. Demikian disampaikan Kepala Unit Humas dan Protokoler Unhas,Ishaq, Selasa (9/1/2018).

Program Studi Spesialis Ilmu Penyakit THT sebelumnya telah terakreditasi A. Berdasarkan Surat Keputusan LAM PT-Kes Nomor 0764/LAM-PTKes/Akr/Spe/XII/2017, tertanggal 30 Desember 2017, prodi ini kembali mempertahankan Akreditas “A” setelah melalui proses re-akreditasi.

Sementara Program Studi Spesialis Patologi Klinik sebelumnya terakreditasi B. Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes Nomor 0768/LAM-PTKes/Akr/Spe/XII/2017, tertanggal 30 Desember 2017, prodi ini berhasil meningkatkan status akreditasi menjadi “A”.

Begitu juga dengan Program Studi Spesialis Ilmu Kesehatan Anak sebelumnya terakreditasi B. Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes Nomor 0765/LAM-PTKes/Akr/Spe/XII/2017, tertanggal 30 Desember 2017, prodi ini juga berhasil meningkatkan status akreditasi menjadi “A”.

Status akreditas masing-masing prodi akan berlaku selama 5 tahun. LAM-PTKes merupakan lembaga akreditasi untuk program studi bidang kesehatan. Lembaga ini diresmikan pada tahun 2015 dan diakui memiliki kredibilitas yang tinggi.

Sejak didirikan, LAM PT-Kes telah melakukan akreditasi pada berbagai program studi bidang kesehatan yang diselenggarakan oleh berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

"Hasil akreditasi yang dicapai oleh ketiga prodi pada Fakultas Kedokteran Unhas merupakan capaian yang membanggakan, tidak saja bagi prodi bersangkutan, namun juga bagi Fakultas Kedokteran dan bagi Universitas Hasanuddin,"kata Ishaq.

Sementara Dekan Fakultas Kedokteran, Prof Dr dr Andi Asadul Islam, mengatakan bahwa hasil ini adalah buah dari kerja keras yang telah ditunjukkan oleh ketiga program studi.

“Tentu saja hal ini tidak lepas dari dukungan semua pihak, dari departemen terkait, serta kerja sama dengan tim fakultas,” kata Prof. Asadul melalui Ishaq.

Secara umum, capaian ini telah meningkatkan posisi akreditasi A untuk program Spesialis di Unhas. Dari total 22 program studi spesialis, kini sebanyak 13 atau 60% telah terakreditasi “A”.

Unhas, melalui berbagai unit pendukung yang ada, berkomitmen untuk terus meningkatkan capaian akreditasi prodi yang ada.

-- http://makassar.tribunnews.com --