Unjani Terbanyak Luluskan Dokter

medical-booksCIMAHI — Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani) berhasil meraih posisi terhormat dalam Ujian Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI).

Dekan FK Unjani Priatna mengatakan, UKDI merupakan syarat untuk melakukan praktik profesi kedokteran yang diselenggarakan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) bagi perguruan tinggi yang membuka progam kedokteran se-Indonesia. Dalam ujian yang digelar Februari 2012 lalu itu, FK Unjani berhasil meluluskan dokternya, terbanyak di antara FK di berbagai perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

"FK Unjani meraih posisi terhormat pada UKDI kali ini dengan angka kelulusan 91,30 persen,angka tersebut terbesar di antara FK-FK lainnya di Indonesia," kata Priatna usai acara angkat sumpah dokter lulusan FK Unjani di Gedung Sasana Krida (GSK) Kampus Unjani, Jalan Terusan Jenderal Sudirman, akhir pekan lalu.

Priatna menambahkan, jumlah dokter yang jadi peserta upacara angkat sumpah gelombang ketiga tahun akademik 2011/2012 kali ini pun terbanyak sepanjang acara angkat sumpah. Mereka yang mengucapkan sumpah profesi dokter kali ini, kata Priatna, adalah dokter yang sudah lulus UKDI Februari 2012 lalu.

Pembantu Dekan III bidang kemahasiswaan yang juga penanggung jawab acara angkat sumpah, Indarti Trimurtini menyebutkan, Unjani mengangkat sumpah 68 dokter baru. Ke-68 orang dokter baru tersebut terdiri dari 50 orang wanita dan 18 orang pria. Mereka merupakan lulusan dengan urutan 1.142 sampai 1.209. "Dari 68 lulusan tersebut, satu orang lulus terbaik dengan predikat cumlaude dengan IPK 3,58. Dia adalah Sofie Syarifa asal Kota Cimahi," sebut Indarti