HUMANISTIC LEARNING ENVIRONMENT IN MEDICAL AND HEALTH PROFESSIONS EDUCATION”

Leaflet 24 September 202024 September 2020 – Pk. 13.00 – 15.00 WIB

Dalam mengembangkan profesionalisme di bidang kedokteran dan profesi kesehatan  diperlukan pendidikan tentang nilai-nilai kemanusiaan/humanistik yang seharusnya dapat diakui secara formal dalam kurikulum pendidikan. Fakultas kedokteran dan institusi pendidikan profesi kesehatan diharapkan dapat menghasilkan dokter dan tenaga kesehatan profesional yang secara penuh mengetahui  dan memberikan perhatian terhadap permasalahan pasiennya.  Memperlihatkan perilaku yang menunjukkan  integritas, perasaan belas kasihan (compassion), mengutamakan kepentingan orang lain (altruism), empati dan hormat (respect) adalah hal yang penting didalam berinteraksi dengan pasien dan keluarganya. Perilaku yang mencerminkan kemanusiaan/humanistik oleh dokter dan tenaga kesehatan profesional berkorelasi dengan meningkatnya kepuasan pasien dan keberhasilan proses perawatan dan pengobatan.

Agar dapat memperkuat pengembangan profesional dan mengidentifikasi formasi pemahaman mahasiswa kedokteran dan profesi kesehatan lain, nilai-nilai kemanusiaan/humanistik harus dipandang sebagai salah satu dari inti/pokok persoalan yang harus didiskusikan and diajarkan secara eksplisit/jelas di dalam kurikulum. Salah satu strategi yang sering digunakan  adalah model peran  (role modeling) yang dilengkapi oleh refleksi diri aktif mahasiswa dan pemberian umpan balik. Dalam rangka memberikan pendidikan  nilai-nilai kemanusiaan/humanistik kepada dokter dan profesi tenaga kesehatan selama proses pendidikan dan pelatihan sebaiknya juga memasukkan penciptaan iklim humanistik/kemanusiaan dalam lingkungan belajar.

Sebagai upaya untuk mendukung hal tersebut, Indonesian College of Health Professions Education (IAMHPE)/Kolegium Ilmu Pendidikan Profesi Kesehatan Indonesia (KIPPKI) mempersembahkan I-AM HPExplore Webinar Series yang akan dilakukan rutin setiap bulannya. 

Webinar serial 4 ini akan membahas isu terkait:

“HUMANISTIC LEARNING ENVIRONMENT IN MEDICAL AND HEALTH PROFESSIONS EDUCATION”

(24 September 2020 – Pk. 13.00 – 15.00 WIB)

  • Kontribusi: Rp 50.000,-
  • Fasilitas: Sertifikat dengan SKP IDI dan akses materi.
  • Link pendaftaran: https://bit.ly/webinarseriesIAMHPE
  • Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi kami di:
  • Ph. 0812-2893-8661 (WhatsApp/Call) atau e-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.