Orientasi Mahasiswa Prodi Magister Ilmu Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan FK - KMK UGM Tahun 2019

gambar1Yogyakarta terkenal sebagai kota pelajar. Banyak pelajar yang ingin menimba ilmu ke salah satu provinsi yang mendapat sebutan “Daerah Istimewa” ini. Hal ini terlihat dari jumlah universitas di Yogyakarta yang cukup banyak, baik universitas negeri maupun swasta, salah satunya adalah universitas negeri yang terkemuka dan terkenal sebagai kampus kerakyatan, yaitu Universitas Gadjah Mada. Reputasi UGM saat ini telah terkenal hingga ke manca negara.

Salah satu program studi S2 di Universitas Gadjah Muda adalah Program Studi Ilmu Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan (S2 IPK). Program studi ini termasuk salah satu satu program studi yang diminati oleh dosen di fakultas kedokteran ataupun fakultas kesehatan lainnya di tanah air. Hal ini dikarenakan adanya peraturan dari Kemenristekdikti yang mengharuskan ada minimal satu orang ahli pendidikan kedokteran di sebuah Fakultas Kedokteran.

Program Studi S2 Ilmu Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan Universitas Gadjah Mada bekerja sama dengan FAIMER Institute, Philadelphia, USA mengembangkan sebuah program tailored made, yang mengkombinasikan antara kurikulum magister (S2) dengan fellowship. Program tailored made ini dinamai FRIENDSHIP yang merupakan kepanjangan dari FAIMER Regional Institute of Indonesia for Educational Development and Leadership. Pada program tailor made ini, lulusannya diuntungkan dengan mendapat 2 gelar sekaligus, yaitu Master in Medical Education and Health Professional Education (MHPE) dan gelar fellowship FFRII.

Pada penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2019/2020, terdapat 10 orang yang diterima sebagai mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Pendidikan Kedokteran (IPK) FK - KMK UGM, sekaligus sebagai fellow untuk program FRIENDSHIP. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia, yaitu Bali, Mataram, Banjarmasin, Surabaya, Cirebon, dan Yogyakarta. Melalui Program tailor made S2 dan fellowship ini, mahasiswa berharap dapat belajar secara mendalam tentang teori dan aplikasi, serta implementasi terkait pendidikan kedokteran dan kesehatan serta dapat mengaplikasikan ilmunya di institusi masing – masing setelah lulus sebagai MHPE nantinya.

Proses pembelajaran diawali dengan orientasi mahasiswa/perkenalan selama 1 hari pada Senin, 19 Agustus 2019 di Gedung Radioputro Lt. 6 Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM. Kegiatan orientasi diawali dengan perkenalan antar mahasiswa baru, kakak angkatan, dosen, staf, lingkungan tempat belajardan fasilitas pembelajaran. Selain itu, mahasiswa baru juga dikenalkan tentang kurikulum pendidikan kedokteran, program - program pembelajaran, serta pengenalan berbagai fasilitas sumber - sumber belajar yang tersedia. Perkenalan ini diharapkan dapat membantu proses pembelajaran mahasiswa nantinya.

Berikut adalah foto - foto kegiatan orientasi mahasiswa baru S2 IPK FK - KMK UGM:

Reportase dan Dokumentasi: Lisa Lestari - Mahasiswa S2 IPK Angkatan 2018/2019